Saturday 19 March 2016

Cara Membuat Blog Gratis Terbaru 2016



CARA MEMBUAT BLOG GRATIS TERBARU 2016


Belajar Cara Membuat Blog Gratis. Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan tulisan ini sering dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topic dan tujuan dari isi pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, bnayak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, ampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penukis, banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan paara pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikiian ada juga yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Ada banyak sekali blog-blog yang secara gratis bias anda ikuti, namun dari begitu banyak blog pasti menawarkan fitur yang berbeda-beda, dari situlah anda harus bias memilih blog mana yang akan anda ikuti, beberapa blog gratisan yang cukup banyak diminati adalah : blogger, wordpress, multiply,myspace. Jika anda ingin membuat blog untuk berbisnis (mencari dollar di internet /google adsense) disarankan anda menggunakan blogger karena blogger adalah milik google.inc dan akan memudahkan anda dalam persetujuan google adsense dan untuk membuatnya pun tidak sesulit lainnya.

Atas pertimbangan tadi kita sekarang akan memilih blogger sebagai blog kita dan langkah pertama yang harus anda lakukan dalam proses pembuatan blogger adalah mendaftar google akun, atau anda bisa sekaligus mendaftar Gmail untuk sekaligus mendapatkan sebuah alamat email baru.

1. Buat Email Gmail Terlebih Dahulu

Syarat utama utnuk membuat blog yaitu harus mempunyai email di gmail terlebih dahulu, mengapa demikian? ya karena pada saat kita login maupun mulai daftar ke tempat blognya yakni blogger.com disyaratkan telah memiliki e mail gmail (bukan yang lain seperti yahoo, hotmail dan yang lainnya). Untuk membuat gmail juga bisa dilakukan dengan handphone/smartphone silahkan baca artikel diblog ini tutorialnya daftar gmail baru lewat handphone 

2. Masuk ke www.blogger.com


setelah membuka alamat website resminya www.blogger.com maka sobat akan melihat gambar seperti dibawah ( jadi pada saat yang diketik blogger.com tapi setelah bagian akhir alamatnya adalah blogspot.com) silhkan isi datanya alamat gmail dan passwornya yang telah dibuat tadi lalu klik masuk 

 
3. Mulai Bikin Blog Baru
setelah login sobat akan diarahkan seperti yang tertera dibawah ini silahkan klik ditombol sebelah kiri bawah bertuliskan blog baru




4. Beri Nama dan Pilih Alamat
berikan judul blog yang menarik sesuai dengan konsep dari blog anda dan juga beri alamat blog yang mudah diingat orang agar user dengan mudah menemukan blog kita, selanjutnya akan muncul halaman kecil yang terdapat 4 langkah singkat dalam pembuatan blog didalamnya yaitu :




Penjelasan:
  1. Judul – Di bagian cara membuat blog gratis di blogspot ini isi dengan judul blogmu, sebaiknya yang sesuai dengan temanya agar mudah terindeks Google. Tapi ini bisa diganti kapan saja setelah blognya jadi.
  2. Alamat – Pada kolom ini anda harus pilih alamat blog gratisan yang belum digunakan orang lain, mislanya bloggue.blogspot.com dan sebagainya.  Jika sudah dipesan orang maka akan terlihat tanda seru (!) berwarna kuning seperti yang terlihat pada gambar atau kalau belum ada yang gunakan sama sekali maka akan tampak tanda benar atau centang berwarna biru. Jika sudah begitu lanjutkan ke step berikutnya.
  3. Template – Tampilan beberapa gambar yang terlihat ini adalah bentuk tampilan blogmu nantinya. Tapi tidak perlu khawatir karena ini masih bisa dirubah dengan yang lebih menarik dan keren dengan cara mempercantik nya melalui file template yang didownload di situs penyedianya yang gratis. Atau kalau belum paham, silahkan baca Cara Mengganti Template Blog yang sudah kami terangkan secara jelas bagaimana langkahnya hingga memiliki tampilan seperti web profesional dan berbayar.
  4. Klik ‘Buat Blog’ – Ini untuk men-save nama dan tampilan yang sudah dipilih dan blog gratisan sederhana anda pun telah jadi dan siap diisi berbagai artikel maupun penawaran bisnis di dalamnya.
5. Mengisi dan Menulis Artikel

sekarang blog sobat sudah jadi dan anda bisa mulai blogging, hal yang pertama anda lakukan adalah anda harus memposting sebuah artikel yang berhubungan dengan tema atau konsep blog anda, misalnya disini penuis menggunakan tema girltips untuk blognya, maka penulis akan mencari artikel yangberhubungan dengan tip-tip untuk perempuan. berikut proses nya :

a. Masuk Kehalaman Penulisan







  • Silahkan anda klik tombol warna oranye (no 1) yang bergambar pensil tersebut untuk mulai posting article,
  • Atau klik icon tanda panah kecil untuk memilih beberapa pengaturan, misal ‘Pos‘ untuk melihat semua artikel yang sudah ditulis, ‘Laman‘ untuk menulis artikel menu seperti profil, kontak dan sebagainya, ‘Komentar‘ untuk melihat siapa saja yang telah memberi comment, dan ‘Statistik‘ untuk melihat jumlah pengunjungnya per hari, minggu atau bulan. Setelah masuk di bagian itu, anda juga masih bisa melihat tombol pos atuu membuat artikel baru di bagian kiri samping yang juga tulisannya oranye.
b. Mulai Posting




Keterangan (sesuai angka):
  1. Untuk keterangan nomor 1 di sisi dengan judul artikel yang akan kamu publikasikan, usahakan jangan terlalu singkat dan kalau perlu sesuai dengan tema yang kamu ingin bahas agar mudah terindeks.
  2. Kolom untuk mengetik tulisan blog anda.
  3. Untuk pengaturan dan gaya artikel, seperti mem-bold, huruf miring atau memperbesar kata dan lainnya.
  4. Label adalah sama dengan nama dari kategori artikelnya. Ini gunanya untuk mengelompokkan jenis tulisan dalam satu kategori, missal ‘WordPress’ yang isinya segala menyangkut soal tutorial wordpress tersebut.
  5. Tombol kuning dengan tulisan ‘Publikasikan’ adalah yang kita klik setelah selasai menulis  agar artikel tersebut bisa online dan dibaca semua orang.

Nah blog anda sudah jadi dan siap dipublikasikan selalu update artikel-artikel anda agar banyak dikunjungi, demikian sedikit pengetahuan yang bisa saya berikan semoga bermanfaat.





0 comments:

Post a Comment

Top Ad 728x90